Sabtu, 07 April 2012

Social Network? Its Easy Friends! :)

Di Indonesia sudah mengalami perkembangan teknologi. Beberapa wilayah sudah mengikuti kemajuan teknologi. Seiring dengan perkembangan zaman, didukung dengan fenomena globalisasi dan informasi yang semakin menjadi maju. Pada dasarnya semua remaja menggunakan teknologi-teknologi yang sedang berkembang ini. Mereka memperdayakan perkembangan teknologi informatika tak lain mengerjakan tugas atau sekedar hiburan. Namun banyak untuk dijadikan bisnis.




Nah.. Berawal dari sebuah pertemanan pada dunia maya atau disebut dengan chatting, dengan menggunakan beberapa macam nama aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan teman, kerabat, keluarga, dan lain-lain. Kita bisa bertemu dengan mereka dengan menggunakan media. Jadi tidak usah repot-repot misalkan mempunyai saudara yang jauh, tinggal kita menggunakan mulai dari Yahoo Messenger hingga sekarang munculnya Friendster, Facebook, Twitter, Blogger, Tumblr, Wordpress, dan lain-lain. Apalagi Facebook, sekarang itu bisa seperti 3G. Secara face to face gitu.. Jadi gampang kan? Itu semua adalah aplikasi yang digunakan untuk berhubungan komunikasi banyak orang, yang diketahui bahwa seseorang yang kita kenal itu tidak diketahui keberadaannya.

Berjalannya waktu, teknik informatika selalu dibutuhkan oleh semua orang. Seseorang menggunakan aplikasi tersebut maka banyaklah mengundang modus-modus kejahatan yang terjadi pada dunia maya. Berawal dengan menjadi teman kemudian saling berkomunikasi hingga terjadinya pertukaran informasi yang tadinya sangat privasi kemudian menjadi hal biasa untuk menjadi public. Kejahatan yang sudah banyak terjadi diantaranya yaitu adalah kasus penipuan hingga yang terparah adalah perdagangan manusia.Disayangkan sekali jika aplikasi yang tadinya digunakaan untuk menjalin sebuah pertemanan bahkan bisa mendapatkan pasangan. Dapat difungsikan sebagai kedok dunia kejahatan yang terjadi pada dunia Teknik Informatika (TI) tepatnya pada dunia maya, yang menyangkut banyak hal terutama menyangkut pribadi.

Perkembangannya sangat pesat. Manusia khususnya remaja yang mempunyai keingintahuan yang tinggi. Disarankan bagi para pengguna aplikasi dunia maya agar tidak mengumbar segala bentuk informasi mengenai data pribadi, karena dapat mengundang terjadinya kejahatan yang dapat menimpa kita. Ya.. Seperti menjaga hati kita dan jangan terbawa oleh hal-hal yang negatif. Untuk itu tidaklah memberikan informasi mengenai data diri kita kepada khalayak banyak atau bahkan untuk konsumsi public. Dalam penggunaan aplikasi harus dilandasi dengan etika serta moral yang patut dijunjung tinggi. Dan menjadi dunia yang penuh dengan prestasi dan kreatifitas setinggi mungkin. Dan pergunakanlah sewajarnya, dan bisa juga dijadikn sarana dakwah untuk para aktivis.. Tapi jangan lupa, kita berkewajiban dan membutuhkan untuk mengingat-Nya dan membesarkan nama-Nya.. Jangan pula dengan adanya perkembangan teknologi ini para remaja menjadi bermalas-malasan, lupa waktu untuk mengerjakan yang paling penting. Ok, jadikan hidupmu lebih bermakna di bawah naungan Illahi Rabbi.. 

2 komentar:

  1. Setuju! Bersosial media memang perlu agar kita selalu mengikuti perkembangan jaman, tapi tetap harus dibarengi dengan kehati-hatian dan berada di jalur yang seharusnya. Jangan mudah tergiur oleh ajakan yang tidak benar, apalagi oleh orang yang belum dikenal baik :)

    BalasHapus
  2. iya kang, Insya Allah akan berhati-hati lagi :D
    semoga Allah melindungi kita semua, Aamiin...

    BalasHapus